Crepes Isi Pisang Kriuk Rasa Ala Britania
Sumber: www.resepmasakankreatif.com

Entertainment / 22 October 2015

Kalangan Sendiri

Crepes Isi Pisang Kriuk Rasa Ala Britania

Lori Official Writer
6092

Crepes adalah jenis roti goreng yang berasal dari Britania, daera bagian barat laut Perancis. Crepe atau biasa disebut gallettes adalah roti yang berbentuk besar, rata dan bundar, seperti roti yang dibuat selama masa Epifani (hari raya peringatan akan kedatangan tiga orang majus yang mengunjungi Yesus yang baru lahir di kandang domba). Crepe pada awalnya dibuat dari bahan gandum, namun seiring perkembangannya crepe juga bisa dibuat dari bahan tepung terigu. Biasanya, crepe diisi dengan keju, sayur mayur, daging dan kadang telur. Meski begitu, crepe saat ini bisa divariasikan dengan bahan isi lainnya seperti buah stroberi atau pisang.

Salah satu menu hidangan yang terbuat dari crepe adalah crepe isi pisang kriuk. Mau tahu cara pembuatannya? Simak resep di bawah ini.


Bahan-bahan
200 gram tepung terigu
4 butir telur, kocok
60 gram mentega tawar, cairkan
60 gram gula pasir
200 ml susu cair
Garam secukupnya
Vanilla essence

Isi crepes pisang:
Pisang kepok, iris bulat kecil
Selai kacang
Meises atau cokelat spread
Keju, parut

Cara Pembuatan:
1. Siapkan wadah besar tempat mencampurkan tepung terigu dan garam. Bentuk adonan seperti kawah dengan lubang di tengah. Tambahkan telur ayam yang sudah dikocok dan sedikit susu. Aduk merata. Gunakan whisk atau blender untuk memudahkan pengadukan. Aduk hingga rata.
2. Tambahkan sisa susu, perasa vanilla, air dan mentega cair. Aduk kembali sampai halus dan adonan terlihat agak encer. Kemudian diamkan adonan selama ±30 menit.
3. Tutup wadah baskom dengan menggunakan kain lap basah.
4. Siapkan wajan anti lengket dengan diameter ±30 cm atau dengan menggunakan wajan cetakan khusus untuk crepe. Olesi terlebih dahulu permukaan wajan dengan sedikit minyak goreng atau margarin. Panaskan wajan di atas api kecil.
5. Setelah panas, tuangkan adonan ke dalam wajan. Goyang wajan supaya adonan merata keseluruh permukaannya. Kecuali untuk wajan pencetak crepe khusus, gunakan susuk kayu untuk memutar adonan supaya melebar, tipis dan rata. Perhatikan adonan jangan sampai ada yang berlubang dan tutup segera dengan adonan saat muncul lubang.
6. Tunggu beberapa saat sampai setengah matang, kemudian tambahkan bahan isi sesuai selera. Lipat crepes dan tunggu sampai kering, lalu angkat.
7. Hidangkan crepe selagi hangat agar terasa kriuk dan sedap.

Sumber : Resepmasakankreatif.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami